​5 ALASAN KAMU HARUS FOLLOW @CLICKUNBAIT, NOMOR 4 BIKIN KAMU MENGGELINJANG HEBAT

Gimana, judulnya cukup bombastis, bukan? Udah bisa ngalahin detik sama MBDC belum? Sebelum terjerumus lebih jauh, saya ingatkan di awal, ini clickbait.

Belakangan ini, intensitas saya membuka twitter tidak seperti dulu. Menukik tajam. Penyebabnya, tak lain adalah Instagram dan Youtube, yang sudah sering saya keluhkan, dua medsos itu sangat menguras waktu. Ternyata, tak hanya saya yang mengalami jenuh twitter, beberapa teman saya sepertinya mengalami hal yang sama. Iseng saya buka beberapa timeline mereka, ada yang isinya hanya statistik followers, cross post dari Path, bahkan ada yang aktifitas terakhirnya sudah beberapa bulan yang lalu.

Saya sendiri tidak, atau belum 100% meninggalkan Twitter. Walaupun jarang ngetwit, linimasa saya masih “hidup” dengan twit otomatis dari postingan blog, retweet-an twit orang, dan yang paling banyak adalah cross post dari Instagram. Di waktu yang sangat sedikit dengan twitter itu, kadang saya menemukan akun-akun ajaib yang seolah menjadi pengikat saya untuk jangan dulu mengucapkan selamat tinggal pada twitter.

Dua diantaranya adalah @ririnriandini, yang kebanyakan saya mengerti twit-twitnya setelah baca-baca reply-nya, dan @infotwitwor, yang dengan briliannya menyajikan twitwar-twitwar seru para pengguna twitter. Baru-baru ini, saya menemukan, atau lebih tepatnya dipertemukan dengan satu akun dengan tingkat manfaat yang tinggi, dan bisa menjadi penyelamat netizen dengan kuota ngos-ngosan. Seperti tertulis di judul, akun tersebut bernama @ClickUnbait.

Jika dibuat perumpamaan, @ClickUnbait ini adalah seorang bodyguard yang menjaga kita, para anak raja. Dia akan mencicipi terlebih dulu hidangan berupa judul artikel dari media-media online. Jika terdapat racun click bait didalamnya, maka dia orang pertama yang terjebak dan berangsur mati terpapar racun clickbait. Kita tinggal menikmati enaknya saja, baca twit rangkuman dari artikel tersebut, yang media online tulis dan bagi menjadi beberapa halaman, @clickunbait rangkum dalam satu twit saja. Sungguh sebuah efektifitas yang LUAR BIASA.

Walaupun mungkin akan menjadi musuh media online, mungkin loh ya, saya perhatikan akun ini cukup fair. Kebanyakan twitnya memang merangkum berita, namun untuk artikel layak baca, akun ini tak sungkan menyuruh kita membaca keseluruhan artikelnya. 

Jadi, waspadalah media online yang doyan pasang judul clickbait!!!!

4 thoughts on “​5 ALASAN KAMU HARUS FOLLOW @CLICKUNBAIT, NOMOR 4 BIKIN KAMU MENGGELINJANG HEBAT

  1. mana nomor satu dua tiga empat limanya ini :'((

    luar biasa itu mereka, rela ‘baca’ dulu. Dari akun-akun baru, kayanya ini yang paling ngeluarin effort gede, deh.

    Btw, saya udah unfollow infotwitwor. Udah ga menarik sekarang.

Komentar