3 Fitur Instagram Yang Layak Mendapat 36 Jempol

Sumber: Pixabay

Dari beberapa media sosial yang saya miliki, boleh jadi Instagram menjadi yang paling sering saya gunakan. Twitter memang masih saya gunakan, tapi aktifitasnya lebih sering untuk stalking atau hanya sekadar me-retweet twit-twit yang saya sukai. Jika pun ada aktifitas lain berupa tweet yang menampilkan blogpost lama, itu merupakan hasil kerja plugin revive old post. Facebook, tak jauh beda dengan twitter. Satu hal yang membuat saya lebih sering membuka Facebook adalah untuk melihat postingan dari grup Komunitas LEGO Indonesia, yang membernya sering mengadakan lelang LEGO :). Steller, walaupun termasuk gampang dalam hal posting-memposting, rasanya butuh waktu khusus hanya demi untuk membuat satu post di sana.

Oh iya, fungsi lain dari Twitter dan Facebook saya adalah untuk meneruskan gambar yang saya posting di Instagram. Khusus untuk twitter yang jika meneruskan foto dari Instagram hanya akan muncul berupa link, dengan aplikasi IFTTT, masalah tersebut teratasi.

Akhir-akhir ini, Instagram banyak memberikan fitur-fitur baru kepada penggunanya. Fitur yang sebenarnya tak baru-baru amat, karena  bisa dibilang menjiplak fitur dari media sosial lain. Diawali dari Instagram stories yang mirip dengan Snapchat. Lalu fitur Insta live yang mirip dengan Bigo dan Periscope. Teranyar, Instagram memperkenalkan fitur multiple photos, yang memungkinkan pengguna untuk membagikan beberapa foto dalam satu post. Terdengar seperti Steller, bukan?

Dari ketiga fitur tersebut, baru Instagram stories yang pernah saya gunakan. Dan fitur Live yang sepertinya yang tidak akan pernah saya pakai. Karena kalu saya paksakan Live di Instagram, paling yang nonton cuma istri saya. Kalau begitu mending langsung saja video call :).

Sebetulnya ada fitur-fitur lama (dan baru) di Instagram yang faedahnya betul-betul saya rasakan. Berikut adalah tiga diantaranya.

SHARE ON WHATSAPP

Fitur ini sebetulnya telah hadir lumayan lama. Namun entah kenapa sempat hilang dari peredaran, dan baru-baru ini hadir kembali. Fitur ini sangat berguna karena seperti yang kita tahu, di Instagram kita tidak memungkinkan untuk mendownload foto atau video jika tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga. Nah dengan fitur Share On WhatsApp ini, kita bisa membagikan foto tanpa harus men-screen shot-nya terlebih dahulu.

Cara menggunakannya cukup mudah. Di foto yang akan kita bagikan, klik ikon tiga titik di kanan atas, lalu kilk Share On WhatsApp. Setelah itu kita diarahkan ke kontak WhatsApp dan pilihlah kepada siapa gambar itu akan kita bagikan.

STATISTIK INSTAGRAM

Ini alasan utama mengapa akhir-akhir ini saya lebih sering memposting foto di Instagram setelah magrib. Karena menurut statistik, followers saya aktif pada jam-jam tersebut, sehingga kemungkinan foto saya dilihat lebih banyak orang akan semakin besar. Lebih lengkap tentang statistik ini, bisa baca tulisan saya yang ini, Sekilas Tentang Instagram Insight.

SIMPAN GAMBAR

Sudah sedikit disinggung di atas, bahwa sejauh ini kita tidak memungkinkan untuk mengunduh foto-foto di Instagram jika tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga. Untuk menyiasati hal itu, baru-baru ini Instagram memperkenalkan fitur baru bernama Saved To Profile. Cara menggunakanya cukup mudah, tinggal klik ikon bendera di kanan bawah foto atau video, maka foto atau video tersebut akan tersimpan di profil dan bisa kita lihat kapanpun.

Manfaat yang saya dapat dari fitur ini adalah jika saya sedang berada di explore dan menemukan foto bagus dari satu akun. Jika saya ingin mengetahui karya-karya lain dari pemilik akun tersebut, namun masih ingin menikmati laman explore, saya tinggal klik bendera dan profilnya bisa dilihat kapan hari.

Itulah tiga fitur Instagram yang layak mendapat 36 jempol. Jika kemudian ada yang penasaran 36 jempol tersebut milik siapa saja, ini rinciannya.

Pak SBY: 4 jempol

Bu Ani: 4

Agus: 4

Ibas: 4

Annisa Pohan: 4

Aliya Rajasa: 4

Almira: 4

Airlangga: 4

Pancasakti: 4

TOTAL: 36 JEMPOL

 

3 thoughts on “3 Fitur Instagram Yang Layak Mendapat 36 Jempol

  1. hahahahaha.. juara ini ulasannya.
    akusih kebantu banget sama menu simpan itu.. 4 jempol.

    secara ibu-ibu sering nemu yang lucu di olshop tapi penasaran pengen bandingin sama yang laiiin. jadi harus disimpen dulu hahahahaha..

    jadi dapet 40 ya jempolnya 😀

Komentar