Emil Forsberg Adalah Kunci

sumber: klik gambar
sumber: klik gambar

Ada yang tak biasa jika kita bersedia sedikit meluangkan waktu untuk melihat tabel klasemen Bundesliga. Bukan Bayern Munchen yang duduk manis di puncak klasemen. Bukan pula Borussia Dortmund yang dalam beberapa musim senantiasa menyulitkan FC Hollywood. Munchen tersangkut di urutan 2. Dortmund lebih parah. Reus dkk harus tercecer di peringkat 7. Jangan tanyakan dimana Schalke, Wolfsburg, atau Moenchengladbach. Adalah RasenBallSport Leipzig, klub yang hingga pekan ke-12 ini nangkring di puncak klasemen. Padahal, ini adalah tahun pertama bagi klub dari Jerman Timur ini merasakan kasta tertinggi sepakbola Jerman. Lebih istimewa lagi, RB Leipzig (bersama Hoffenheim) sejauh ini belum tahu bagaimana rasanya kalah, dengan rincian 9 kemenangan dan 3 kali imbang.

Cemerlangnya penampilan Leipzig tak bisa dilepaskan dari peran seorang Timo Werner. Pemain berkebangsaan Jerman bernomor punggung 11 tersebut menjadi top skor klub sementara dengan raihan 7 gol, tertinggal 6 gol dari top skor sementara Bundesliga, Pierre-Emerick Aubameyang. Di bawah Werner, ada nama Emil Forsberg yang sejauh ini telah mengoleksi 5 gol, sama dengan Chicarito dan Serge Gnabry.

Forsberg yang menjalani musim keduanya bersama Leipzig setelah ditransfer dari Malmo ini menjadi andalan Ralph Hassenhuttl, pelatih Leipzig. Dari 13 pekan, Forsberg bermain dalam 11 pertandingan dengan 8 kali menjadi starter. Pemain yang mengawali karir di Sundsvall ini juga telah mencicipi seragam timnas Swedia. 3 gol sudah dicetaknya sejauh ini.

Jika Forsberg bersama Leipzig mampu mempertahankan performa dan bersaing di papan atas, atau bahkan angkat trofi di akhir musim nanti, bukan tak mungkin ia dapat menjadi pemutus bosan yang terjadi di Swedia dalam 10 tahun ke belakang.

Jika melihat cuitan @Footy_Jokes di atas, dalam kurun waktu tersebut Swedia seolah tak punya atlet sepakbola selain Zlatan Ibrahimovic. Tiap tahun, sejak 2005 (kecuali 2006 yang disabet oleh Fredrik Ljungberg) ia meraih penghaargaan pesepakbola terbaik Swedia. Macam Reza Rahadian di film atau Soeharto di pemerintahan. Wajar memang mengingat prestasi Ibra pada tiap klub yang ia singgahi. Namun, melihat performa terkini Manchester United yang masih tak tentu arah, inilah saat yang tepat bagi Forsberg membuktikan bahwa ada orang Swedia selain Zlatan yang bisa menendang bola.

One thought on “Emil Forsberg Adalah Kunci

Komentar