#HariPertamaSekolah

PhotoGrid_1470447912786

Tak ada lagi sosok Anies Baswedan di kursi Menteri Pendidikan. Anies termasuk dalam menteri yang digantikan posisinya saat pengumuman reshuffle disampaikan Jokowi beberapa waktu lalu. Tugas itu kini beralih ke pundak Muhajir Effendi. Tugas untuk membuat pendidikan Indonesia melangkah maju. Tugas meneruskan program-program yang sedang dan telah Anies rangkai. 

Satu program yang membuat pendidikan semakin humanis adalah gerakan #HariPertamaSekolah. Sebuah imbauan agar para orang tua ikut mengantar anaknya di hari pertama sekolah mereka. Karena bagaimana pun ini adalah dunia baru bagi mereka. Rasa takut, malu, gugup, dan perasaan tak enak lainnya sedikit banyak akan terkikis dengan kehadiran orang tua di samping mereka.

Dan hari ini adalah hari pertama Shaqil Hikaru, anak saya bersekolah. Bukan sekolah yang bermeja belajar, berpapan tulis, melainkan lebih ke tempat Shaqil bermain, tempat Shaqil bersosialisasi. Karena saya akui, Shaqil termasuk tipe anak yang butuh adaptasi lebih lama terhadap orang baru sebelum akhirnya bisa akrab. Lewat kegiatan ini, diharapkan bisa memotong fase adaptasi sehingga Shaqil bisa cepat akrab terhadap orang dan lingkungan baru.

IMG-20160806-WA0003

Karena masih berusia dua tahun, jadwal sekolah Shaqil hanya seminggu sekali, hari Sabtu. Suatu kebetulan yang membuat saya bisa mendampingi istri mengantarnya sekolah.

Untuk program hebat  bernama #HariPertamaSekolah, saya ucapkan, terima kasih, Pak Anies :).

6 thoughts on “#HariPertamaSekolah

  1. Itu perlengkapan ke sekolahnya lucuk banget yaaaa. Yah semoga menteri pendidikan yang baru ini bisa membuat mutu pendidikan di Indonesia semakin baik. 🙂

  2. saya juga sebenernya bingung, kenapa anies digantikan. padahal performanya oke sih. salah satu hal nyata yang dia berikan kepada saya adalah 2 tahun lalu, waktu saya kelas 11 dia mengembalikan kurikulum 2006 yang waktu itu udah diganti sama kurikulum 2013. ya semoga mentri yang sekarang tak kalah hebat

Komentar