Prediksi Tiga Besar The FIFA Puskas Award 2016

sumber: klik gambar
sumber: klik gambar

Pada 17 November 2006, legenda sepakbola Hungaria, Ferenc Puskas meninggal dunia akibat penyakit Pneumonia. Selama aktif sebagai pemain, Puskas mencetak 84 gol dari 85 pertandingan untuk timnas Hungaria. Dua gol diantaranya dicetak saat menghancurkan Inggris 6-3 yang dijuluki sebagai Match Of The Century. Di level klub, kiprahnya juga sangat luar biasa dengan mencetak lebih dari 500 gol untuk Budapest Honved dan Real Madrid. Pencapaian-pencapaian tersebutlah yang membuat FIFA memakai namanya sebagai penghargaan gol terbaik, The FIFA Puskas Award.

The FIFA Puskas Award diadakan mulai tahun 2009. Cristiano Ronaldo, yang kala itu masih berseragam Manchester United menjadi pemain pertama yang mendapatkan penghargaaan tersebut berkat golnya ke gawang FC Porto. Tahun-tahun berikutnya, ada nama Hamit Altintop (2010), Neymar (2011), Miroslav Stoch(2012), James Rodriguez (2014), Wendell Lira (2015) yang golnya berhak menjadi gol terbaik. Jika ada yang peduli dan memerhatikan ada tahun yang terlewat, tahun tersebut (2013) trofi jatuh kepada Zlatan Ibrahimovic untuk gol salto jarak jauhnya ke gawang Joe Hart.

Mungkin tertarik membaca yang ini: Sejarah, Mitos, Kutukan, Dan Ronaldo

Tahun ini, ada 10 gol yang masuk nominasi Puskas Award. Gol-gol tersebut lahir dari kaki dan kepala Mario Gaspar (Spanyol), Hlompo Kekana (Aftika Selatan), Marlone (Brazil), Lionel Messi (Argentina), Neymar (Brasil), Saul Niguez (Spanyol), Hal-Robson Kanu (Wales), Daniuska Rodriguez (Venezuela), Simon Skrabb (Finlandia), dan Mohd Faiz Subri (Malaysia). Untuk melihat gol-gol indah tersebut, tonton video di bawah ini.

Dari 10 nominasi di atas, ada tiga gol yang menjadi favorit saya, sekaligus yang saya prediksikan masuk dalam tiga besar FIFA Puskas Award 2016.

Saul Niguez (Spanyol)

Gol ini tercipta dalam laga semifinal leg 1 Liga Champions Eropa 2015-2016. Mendapat bola dari lapangan tengah, Saul menggiring bola melewati beberapa pemain Munich sebelum menaklukkan Manuel Neuer.

Mohd Faiz Subri (Malaysia)

Laga Malaysia Super League mempertemukan Pualu Pinang melawan Pahang FA. Laga tersebut berkesudahan dengan kemenangan telak 4-1 tuan rumah atas tamunya. 1 dari 4 gol dicetak oleh Mohd Faiz Subri lewat tendangan bebas spektakuler, yang langsung membawa kita pada gol Roberto Carlos ke gawang Fabien Barthez.

Simon Skrabb (Finlandia)

Gol Skrabb dicetak saat klubnya, Gefle bertanding melawan Atvidabergs FF. Menerima umpan silang, Simon menerima bola dengan gaya mirip penyelamatan scorpion king a la Rene Higuita. Sebelum Simon Skrabb, pemain yang pernah mencetak gol dengan cara ini adalah Francelino Matuzalem saat mencetak gol untuk Shaktar Donetsk.

Itulah tiga gol yang saya prediksikan akan masuk dalam tiga besar FIFA Puskas Award yang akan diumumkan tanggal 2 Desember mendatang. Peraih Puskas Award ini sendiri akan diketahui pada 9 Januari 217 berbarengan dengan pengumuman pemain terbaik dunia.

Bagi teman-teman yang ingin ikut melakukan voting, silakan klik gambar di bawah ini,

vote

Referensi:

http://panditfootball.com/berita/206759/SFS/161122/nominasi-puskas-award-2016-asia-tenggara-sumbangkan-kandidat

https://en.wikipedia.org/wiki/Ferenc_Pusk%C3%A1s

https://en.wikipedia.org/wiki/FIFA_Pusk%C3%A1s_Award

2 thoughts on “Prediksi Tiga Besar The FIFA Puskas Award 2016

Komentar