Review Fitur Fantasy Di Premier League Official App

menu pick team
Tim ganganjanuar.com

Sebelum aplikasi ini diluncurkan, sebetulnya situs web resmi premier league, premierleague.com sudah bisa dibilang bagus, baik itu versi desktop ataupun yang versi mobile. Parameternya diantaranya tampilan yang segar serta yang tak kalah penting adalah kontennya yang sangat lengkap, sehingga apa yang para fans cari tentang liga Inggris, ada di situs ini. Ditambah dengan navigasi yang baik, sehingga informasi-informasi yang dicari akan ditemukan dengan mudah.

Yang membuatnya semakin menarik, aplikasi ini dilengkapi juga dengan fitur fantasy. Seperti yang kita ketahui, jika kata fantasy bertemu premier league, maka hasilnya adalah gila. Seseorang akan rela meluangkan waktu berharganya untuk membelanjakan uang sebesar 100 juta untuk membeli pemain, lalu menentukan kapten, menuggu pemain pilihannya bermain bagus yang akan berefek pada poin yang diperoleh si “manajer”. Gila karena uang 100 juta itu fiktif, sedangkan waktu yang disisihkan untuk mengaturnya adalah nyata, nyata terbuang. Ada hadiah memang, tapi melihat banyaknya “orang gila” yang berpartisipasi, kemungkinan memenangkannya hanya 1:10………….juta.

Kembali ke aplikasi, sebelum mencoba Premier League Official App ini saya menggunakan aplikasi Fantasy Football Manager buatan Homemade Apps. Juga sesekali lewat situs web fantasy premierleague.com. Menu fantasy pada aplikasi resmi ini diwakili oleh icon trofi premier league. Saat mengekliknya kita akan mendapati menu point, pick team, transfer, scout, statistics, fixtures, your league, dan configure league via FPL.

Screenshot_2016-08-12-16-03-16

Menu poin belum bisa saya komentari karena saat tulisan ini dibuat, kompetisi belum mulai. Lalu menu pick team, tempat kita mengatur formasi. Kontrol cukup mudah, hanya dengan mengeklik salah satu pemain, akan muncul pilihan untuk mengganti, menjadikannya kapten atau wakil kapten, dan detail si pemain. 3 jurus pendongkrak poin, all out attack, triple captain, dan bench boost terdapat pada bagian atas tim.

menu pick team
menu pick team.

Selanjutnya ada menu transfer, tempat dimana kita membelanjakan uang fiktif 100 juta itu. Cara melakukan transfer pun cukup mudah, tinggal klik salah satu pemain yang akan dijual, lalu pilih transfer out, nantinya kita akan diarahkan pada deretan nama-nama calon pemain yang kita jual. Fyi, saya udah beli John Stones si bek mahal itu lho.

transfer
transfer

Lalu ada menu scout, yang bukan emulsion,  yang berisi saran dari (sebut saja) sang ahli bagaimana membentuk tim yang berpeluang mendapat poin sebanyak mungkin, dengan dana seminim mungkin. Walaupun sebenarnya menu ini kebanyakan berisi berita transfer dari klub peserta yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk tim kita. Menu fixtures, sudah jelas ini adalah jadwal lengkap dari gameweek 1 hingga 38.

Menu statistics akan memperlihatkan data-data dari seluruh pemain dari berbagai aspek, diantaranya total score, poin per gameweek, bayar pajak atau nggak, poin bonus, dan dipilih oleh berapa persen pengguna.

statistics
statistics

Terakhir ada menu your league yang memperlihatkan tergabung dalam liga mana sajakah tim yang kita bentuk. Ini menjadi satu-satunya kekurangan (sejauh ini) dari fitur fantasy di aplikasi ini. Kenapa? Karena seperti yang saya sebut di atas, hanya memperlihatkan tergabung di liga mana. Sedangkan untuk membuat liga, bergabung dengan liga, kita disediakan menu configure league via FPL yang nantinya akan diarahkan pada situs web fantasy premierleague.com.

league
league

Semoga kedepannya ada pembaruan yang memungkinkan untuk membuat dan atau bergabung dengan liga-liga yang ada, sehingga akan semakin banyak user yang mengakses timnya lewat aplikasi ini.

6 thoughts on “Review Fitur Fantasy Di Premier League Official App

  1. wah main juga gan hahahaha

    saya belum buka yang dari aplikasi, soalnya agak lama ya loadingnya dan kurang praktis kalau menurut saya hehe

Komentar