Sedikit Tentang Satu Minggu Satu Cerita


Adalah @andimochamad yang mengenalkan saya dengan komunitas ini. Lewat sebuah pesan pribadi di Instagram, dia mengirimkan foto pengumuman pendaftaran (kalau tidak salah) menjadi anggota 1minggu1cerita. Lalu apa sebetulnya 1minggu1cerita itu?. 1minggu1cerita adalah sebuah komunitas yang berada di jalur tulis menulis. Komunitas yang menantang. Menantang untuk menulis di blog minimal satu cerita dalam satu minggu. Ya. Tentunya. Sesuai namanya.

Saat memutuskan bergabung dan dimasukkan dalam grup Whatsapp, sempat terucap dalam hati dengan sombongnya akan sangat mudah menjalani tantangan ini. Karena menulis satu cerita dalam satu minggu memang menjadi target saya dan sudah saya jalankan selama beberapa bulan terakhir. Namun pada kenyataannya, beberapa minggu saya lewatkan begitu saja. Tanpa menulis. Beruntungnya kebiasaan melewatkan satu minggu tanpa tulisan alias bolos itu tidak saya lakukan selama enam minggu berturut-turut. Jika itu terjadi, sesuai aturan, saya otomatis tidak menjadi bagian dari 1minggu1cerita. Sekadar informasi, @andimochamad sudah tertendang beberapa hari yang lalu. Harus sedih atau senang, ya?

Tiap awal bulan, akan ada tema yang muncul hasil perundingan para admin. Artinya saya tak bisa menulis seenak jidat pada minggu itu. Karena apa, karena minggu tema ini berbalas giveaway, yang seringnya berupa buku. Alhamdulillah selama saya bergabung, belum sekalipun nama saya disebut sebagai pemenang. Jangankan pemenang, masuk nominasi saja belum pernah. Sampai sini, sudah boleh sedih?
Ada pengalaman menarik selama bergabung dalam 1minggu1cerita. Saat musim pilkada DKI tempo hari, dengan percaya diri saya mengirimkan tulisan berjudul 7 cara meredam riuh pilkada ke grup Whatsapp. Ekspektasi saya pengunjung blog saya akan ramai. Namun realitanya, saya diprotes karena dianggap membuat gaduh dengan membawa isu politik. Padahal kalau tulisannya dibaca, ah sudahlah. Baca sendiri saja isinya apa. Sampai sini, boleh saya sedih lagi? 

One thought on “Sedikit Tentang Satu Minggu Satu Cerita

Komentar