Sekilas Tentang Instagram Insight

instagram-insight

Kabar gembira untuk para admin akun Instagram @pelangsing_pemutih_peninggi, @payudara_kencang, dan akun-akun sejenis, kini Instagram memberi pilihan kepada user untuk mengubah akunnya menjadi profil bisnis. Dalam profil bisnis ini, akan ada pilihan ikon kontak yang jika ikon tersebut diklik, maka akan muncul berbagai pilihan untuk menghubungi si pemilik akun, yaitu email, nomor telepon dan alamat. Selain ikon kontak, juga ada fitur insight. Fitur ini sangat berguna untuk mengetahui foto atau video mana yang paling populer, hingga pada hari apa, jam berapa followers kita aktif di Instagram.

screenshot_2016-09-16-22-49-22screenshot_2016-09-16-22-49-53

Syarat pertama untuk bisa mengubah ke profil bisnis ini adalah memiliki Fanpage Facebook. Setelah itu masuk ke profil dan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas. Di bagian account, ada pilihan ‘switch to bussiness profile’. Di sana kita akan diminta untuk log masuk ke akun facebook dan menyambungkannya dengan fanpage facebook milik kita. Setelah selesai, kini kita bisa melihat statistik dari Instagram kita. Cara melihatnya adalah dengan masuk ke profil dan klik ikon chart column yang berposisi di sebelah ikon tiga titik.

screenshot_2016-09-17-03-02-34

Hal pertama yang bisa dilihat didalamnya adalah statistik seminggu terakhir, yang mencakup, impressions, reach, profile views, dan website clicks. Penjelasan lengkap mengenai empat hal di atas bisa kunjungi laman ini. Bergeser ke bawah, ada pilihan Top Post. Saat kita klik see more, kita bisa melihat foto atau video mana yang paling banyak dilihat, disukai, dan dikomentari. Juga dapat memilih apakah hanya ingin melihat statistik selama tujuh hari, tiga puluh hari, atau tiga bulan kebelakang.

screenshot_2016-09-17-23-59-29

Di bawah top posts, ada menu yang memungkinkan kita mengenal lebih rinci followers kita. Saat see more diklik, paling atas akan muncul jumlah followers beserta pertumbuhan followers baru selama 7 hari kebelakang. Juga ada informasi mengenai persentase followers dilihat dari jenis kelamin, usia, kota, dan negara. Selain itu kita juga bisa melihat jam berapa pada hari apa, dengan siapa followers kita aktif di Instagram.

screenshot_2016-09-17-23-59-19

Setelah mengenal apa itu fitur insight, sekarang mari kita lihat bagaimana statistik akun Instagram milik saya, @gangan_januar. Untuk periode 11 s/d 18 September 2016, kiriman saya dilihat sebanyak 2,570 kali. Sementara jumlah akun yang melihat kiriman saya ada 387 akun. Lalu, sebanyak 35 kali profil saya dilihat. Dan ada sebanyak 0 kali alamat blog saya diklik, artinya promosi blog lewat Instagram ini kurang bermanfaat bagi saya sebenarnya, tapi masih dilakukan :).

screenshot_2016-09-18-00-25-00

Dari sisi kiriman, di bawah ini adalah tiga besar kiriman yang paling banyak dilihat (reach, bukan impressions).

A photo posted by gangan januar (@gangan_januar) on

Dilihat oleh 241 orang

A photo posted by gangan januar (@gangan_januar) on

Dilihat oleh 176 orang

A photo posted by gangan januar (@gangan_januar) on

Dilihat oleh 101 orang

Untuk followers, ada 275 orang mengikuti @gangan_januar dengan 5 followers baru pada periode 11-18 September. Persentase gender 53% perempuan dan sisanya laki-laki. Rentang usia followers paling banyak ada di angka 25-34 tahun, disusul 18-24 tahun. Untuk kota asal followers, Bandung menjadi yang terbanyak, diikuti Jakarta, Cimahi, Bekasi, dan Purwakarta. Sementara jika melihat negara asal, hampir semua berasal dari Indonesia, walaupun ada orang khilaf dari Amerika, Jepang, Brazil, dan Rusia yang mengikuti saya.

screenshot_2016-09-18-00-08-52

Untuk tingkat keaktifan followers, hari Senin pukul 6-7 petang, Selasa pukul 6 petang, Rabu pukul 8-9 malam, Kamis pukul 7 malam, Jumat pukul 6 petang, Sabtu pukul 2 siang, 6 petang, dan pukul 9 malam, Minggu merata dari pukul 10 pagi hingga 10 malam adalah waktu dimana followers banyak menggunakan Instagram. Untuk hari, hari Senin dan Rabu followers banyak menggunakan Instagram.

screenshot_2016-09-18-00-12-29

Dari statistik-statistik di atas, bisa dipelajari kapan waktu yang tepat untuk memposting foto, sehingga peluang mendapatkan likes, comment pun semakin besar. Saat likes dan comment membludak, niscaya iklan akan semakin mendekat. Mau pasang iklan di Instagram saya? Boleh kontak-kontak saya :).

Terakhir, udah follow Instagram @gangan_januar belum?

Udah follow Instagram @gangan_januar belum?

Udah follow Instagram @gangan_januar belum?

Tiga kali biar kaya iklan-iklan 🙂

Komentar